Pages

Ads 468x60px

Footer

My Blog List

Rabu, 16 September 2015

Bagian – bagian Internet

1. WWW

World Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.

Untuk membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper Text Markup Language (HTML). HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen yang biasanya ber-extention *.htm atau *.html.

Untuk mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).

2. FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet. Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.

FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

3. IRC

Internet Relay Chat ini adalah fasilitas chatting publik yang lebih dulu ada dibanding sistem perpesanan (messenger) seperti saat ini, misalnya Yahoo! Messenger, MSN, Facebook Chat dan lain sebagainya. IRC memiliki channel, dimana setiap orang dapat berkomunikasi secara publik. IRC juga dapat membuat anda menghubungi satu orang tertentu dan bercakap-cakap secara teks dengannya secara pribadi yang disebut dengan private message. Anda dapat pula mengatur suatu percakapan dengan beberapa orang sekaligus dalam satu konferensi. Hampir semua fitur yang ada dalam messenger masa kini semuanya ada disini. Hanya saja, semuanya dilakukan dalam mode teks. Tidak ada gambar sama sekali, meskipun itu hanya emoticon.

4. BBS

Bulletin Board System atau yang biasa disingkat BBS merupakan suatu pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang tertentu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain-lain.

Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna dapat bertukar pikiran dengan pengguna lainnya pada topik tertentu. Biasanya, pengguna yang mengakses BBS dapat mengunggah maupun mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.

5. FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet. Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.


FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

6. Gopher

Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/ IP yang dirancang khusus untuk keperluan distribusi, pencarian, maupun pengambilan dokumen melalui jaringan internet.

7. Mailing List

Mailing List atau yang sering disebut dengan milis merupakan salah satu discussion group yang terdapat pada internet. Untuk menjadi anggota sebuah milis, kita terlebih dahulu mengirimkan email ke subsription address dan menunggu persetujuan dari moderator  milis tersebut. Biasanya, anggota dari milis saling bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.

8. Newsgroup

Sama halnya dengan milis, newsgroup juga merupakan salah satu discussion group yang ada di internet. Untuk mengakses suatu newsgrup, diperlukan jaringan komputer khusus yang biasa disebut UseNet.

Umumnya, setiap newsgroup di atur berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik dibawahnya.

9. Situs Web

Adalah alamat sekaligus tampilan maya atau “halaman” yang berisi berita, informasi dan keterangan sebagai “company profile” beserta berbagai figur layanan dari sebuah media, organisasi, perusahaan, kantor/instansi/dinas pemerintahan atau badan hukum yang lain.


10. Blog

Blog adalah web pribadi yang dimiliki oleh seseorang, dimana situs ini dikelola oleh perseorangan yang biasanya berisi catatan pribadi, liputan kegiatan, atau materi lainnya.

11. Forum Internet

Forum internet adalah sebuah fasilitas yang tersedia di internet, dan penggunanya dapat berdiskusi sesama anggota dengan satu atau beberapa topik hangat yang menjadi bahan perbincangan

12. E-mail

Email merupakan surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima antar pengguna komputer. Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan ke individu lainnya dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Saat ini perkembangan email sangatlah pesat, email tidak hanya berisi teks saja. Kita bisa melampirkan file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.

13. Video Streaming

Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video di internet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya.

Istilah Video streaming terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.

Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.

14. Search Engine

Search engine adalah web yang digunakan untuk mencari informasi di internet. Informasi yang dapat dicari yaitu berupa web, gambar, video, peta, dll. Contoh web yang menyediakan fasilitas mesin pencari adalah google dan yahoo

15. Toko Online

Toko Online yaitu fasilitas jual beli barang melalui internet. Dengan fasilitas ini kita dapat membeli barang yang kita inginkan tanpa perlu beranjak dari depan komputer. Pembayaran barang biasanya dilakukan melalui kartu kredit atau transfer ke rekening tertentu. Untuk pengirimannya, biasa menggunakan jasa kantor pos atau titipan kilat.

Sumber:

http://www.nesabamedia.com/2015/04/pengertian-dan-manfaat-dari-internet.html

http://h13k.blogdetik.com/index.php/tag/bagian-bagian-internet/

http://id.scribd.com/doc/93105967/Macam-Macam-Bagian-Internet#scribd

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates